Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template
Tempat Wisata di Indonesia

Info Tempat Wisata di Indonesia membahas tentang kuliner, seni budaya dan objek kuliner.

Pabrik Tegel Cap Kunci

Pabrik Tegel Cap Kunci


Pabrik Tegel Legendaris di Yogyakarta
Liburan dan menginap di hotel Yogyakarta tentu tidak akan melewatkan oleh-oleh khasnya, yaitu bakpia yang pabriknya berada di daerah Pathuk, Yogyakarta. Salah satu yang  legendaris dan terkenal adalah Bakpia Pathuk 25 yang selalu ramai dikunjungi pembeli. Namun, setelah mendapatkan bakpia tersebut, ada baiknya Anda singgah ke tempat lain yang juga legendaris. Kali ini bukan tempat makan, tetapi sebuah pabrik tegel dekat hotel murah di Yogyakarta.

Apa menariknya pabrik ini? Posisinya yang berada sekitar 300 meter dari Malioboro, di mana Anda akan menemukan hotel murah di Yogyakarta. Jika Anda baru pertama kali ke tempat ini, mungkin kesannya biasa saja atau malah sekedar bangunan tua yang tidak menarik. Ya, Pabrik Tegel Cap Kunci ini memang sudah ada sejak tahun 1929 didirikan oleh Louis Maria Stocker dan Jules Gerrit Commane di Yogyakarta. Meski pabrik ini tergolong tua, tetapi hingga saat ini masih tetal eksis dan dicintai pelanggannya. Pembuatan tegel di tempat ini bagai menyaksikan pembuatan kain batik. Tidak seperti produksi keramik secara massal, proses pembuatan tegel di tempat ini dikerjakan manual dengan bahan pewarna yang diimpor dari Belanda.

Menurut cerita, pabrik yang berdekatan dengan hotel murah di Yogyakarta daerah keraton ini dapat dapat ditemukan di Jalan KS. Tubun 95 dengan nama “Pabrik Tegel & Beton Kunci”. Dulu, pabrik ini memang memproduksi beton, tetapi sekarang fokus pada produksi tegel dari bahan campuran pasir dan semen yang dihiasi pewarnaan polos dan bermotif. Pekarangan luas, bangunan bercorak Eropa dan lantai ruang tamu yang dipasang tegel tersebut kian menguatkan ciri pabrik tersebut. Ubin-ubin yang dihasilkan klasik dengan motif unik yang juga menghiasi lantai Kraton Yogyakarta. Tak hanya itu, Anda pun akan mengetahui bagaimana ubin bisa menjadi simbol kemewahan dalam produksinya.

Uniknya lagi, Tegel Cap Kunci diproduksi sesuai pesanan sebab butuh waktu cukup lama, sekitar lima hingga sembilan bulan, akhirnya tegel siap digunakan. Produksi manualnya masih menggunakan tangan dan tergantung cuaca. Proses cetak dan sablonnya terbilang rumit terdiri dari empat lapisan, yaitu matras, kalunganm kancingan dan stempel. Formulanya pun berbeda untuk setiap lapisan. Kebocoran sablon saat pencetakan mungkin terjadi, sehingga hasilnya bisa saja tidak sempurna. Meski demikian, ketidaksempurnaan tersebut dapat menjadi nilai tambah ketika Anda menggunakan keramik tersebut. Tampilannya juga semakin menarik karena tidak semua corak dapat disusun pada posisi yang persis.

Perbedaan lain dibandingkan porselen biasa yakni setelah proses cetak. Bila porselen biasa menggunakan oven sebagai pengeringnya, tegel-tegel tersebut harus direndam semalam dan dikeringkan selama empat hingga lima hari. Hal ini yang menjadikan Tegel Cap Kunci menjadi eksklusif di mata pembelinya. Oleh karena itu, jika Anda ingin membeli tegel di tempat ini, sebaiknya dipesan jauh sebelum digunakan atau pesan ketika Anda menginap di hotel murah di Yogyakarta untuk meminimalisir tegel yang tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Selain lebih menarik, penggunaan tegel sebenarnya lebih menguntungkan dibandingkan porselen sebab memiliki pori-pori, sehingga tidak mudah pecah jika panas, lain hal dengan porselen yang gampang pecah. Anda dapat melihat perbedaannya saat berkunjung ke Pabrik tegel Cap Kunci dan menginap di hotel murah di Yogyakarta. Berbicara soal harganya, Anda bisa mendapatkan tegel polos seharga Rp59.000/m2, sedangkan tegel bermotif dengan warna dominan gelap seharga Rp159.000/m2.


Terima kasih telah membaca artikel tentang Pabrik Tegel Cap Kunci di blog Tempat Wisata di Indonesia jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template